Sunday 9 August 2009

panduan blogger pemula.

Blogger Pemula

Sebuah blog lahir dari sebuah keinginan, apapun latar belakang keinginan anda sebagai seorang blogger tentu butuh konsep dan kerja keras untuk mendapatkan rangking diberbagai mesin pencari, mungkin sebagian blogger beranggapan "ah..saya ngeblog hanya iseng2 saja kok". Padahal aktifitas mereka membuat tulisan, dikomentari dan memberi komentar balik, tukar link, berbagi award dan tag semua itu disebut konsep dan kerja keras yang pada akhirnya sedikit banyak memberi rangking (nilai pagerank) baik itu dimata google atau dipadankan dengan blog milik orang lain.

Tetapi apa sebenarnya konsep ngeblog yang kita butuhkan? Apakah nyari duit? Apa nyari komen? hanya diri masing2 blogger yang bisa menjawabnya, saya disini hanya ingin memberikan "kunci" sekali lagi hanya kunci bukan tutorial. Maksud saya ada 10 hal yang sebaiknya kita lakukan sebagai orang yang punya blog agar paling tidak blog yang kita sayangi itu bisa lebih bernilai dimata google dan visitor. Apa saja 10 hal tersebut?
Top 10 Blogger Hacks and Tips

1. Menghapus The Bar Blogger
Tujuan dari menghilangkan navbar ini karena memang bagian ini tidak ada fungsinya untuk ditampilkan sebab untuk login kita tak perlu navbar ini , yang kita perlukan hanya id-pass akun kita. Bagaimana cara menghilangkan navbar blog? silahkan googling dengan keyword "Menghilangkan Navbar Blogger"
2.Lakukan Ping Secara Berkala
Apa gunanya kita nge-Ping? ping pada dasarnya ibarat kamu barusan membuat postingan baru di blogmu lalu teriak-teriak: "hai...kawan, lihat blog saya barusan ku update!!!". Nah kapan sebaiknya kita ngeping? Sebaiknya dilakukan secara berkala tergantung waktu blogging yang anda miliki.Dimana kita bisa ngeping? googling aja by "ping blog" atau bisa lakukan disini http://pingoat.com/

3.Daftarkan RSS blog anda ke feedburner
Fungsi RSS ini banyak sekali dan penting untuk dimiliki sebuah blog, jadi kalo anda belum memiliki feed, mending segera ajah deh daftar di feedburner. Masih bingung gimana caranya daftar? gogling ajah dengan keyword "daftar di feedburner"
Usai daftar jangan lupa masukkan URL feedburner anda di settingan blog.

4. Daftar blog di technorati dan blogcatalog
Sebenernya banyak direktori bagus untuk mendaftarkan blog milik kita, namun karena tidak semua blogger punya waktu luang banyak makanya paling tidak anda harus (baca: penting) untuk mendaftarkan blog ke dua direktori terpopuler yaitu technorati dan blogcatalog. Selesai daftar jangan lupa pajang logo mereka di blogmu. Bingung gimana daftarnya? googling ajah dengan keyword "daftar blog di technorati".


Kita semua tahu betapa pentingnya SEO untuk mendapatkan peringkat dalam hasil pencarian. Waktu dan usaha meng-update isi blog akan sia-sia jika anda tidak mendapatkan peringkat dalam menggunakan kata kunci. Kemarin telah diulas 4 point dari 10 hal yang harus dilakukan blog pemula, nah...kali ini kita akan bermain2 dengan kode html template Untuk Membuat Blog Anda Tampak Profesional

5. Link Readmore
Pertama kali melihat readmore saya pikir itu tak menarik malah membikin ribet pembaca, namun belakangan saya baru sadar bahwa link "baca selengkapnya" ini sangat berguna untuk meningkatkan klik pada blog Anda dan menjadi pilihan navigasi buat pembaca untuk memilih artikel mana yang ingin di baca tuntas dari seluruh postingan kita. Untuk memasangnya anda gogling dengan keyword "pasang readmore di blogspot"

6. Tag Clould Widget
Tag awan adalah kumpulan kata kunci yang menggambarkan seluruh isi artikel blog kita. Menu ini bisa digantikan dengan widget "label" namun dengan Tag Cloud penekanan terhadap kata kunci yang kita inginkan bisa tercapai dan tentunya makin membuat blog anda tampak lebih proffesional. Caranya masangnya cukup mudah, search di google dengan kata kunci "membuat tag cloud"

7.Best Hack of Blogger
Untuk Tips nomer 8,9 dan 10 adalah Best Hack of Blogger...hanya biasa dilakukan oleh blogger yang sudah me-monetize blognya, menjadikan blog sebagai mesin uang.

No comments:

Post a Comment

...blog ini mengharapkan komentar anda... ;-)